23 May 2006

FTP (File Transfer Protocol)


File Transfer Protocol merupakan protokol untuk transfer file di Internet. Dengan perangkat lunak FTP, mengambil dan meletakkan file ke server menjadi lebih mudah dan efisien ketimbang lewat HTTP. Orang yang punya situs Internet mestinya sering mengambil ataupun menyimpan file di server Web. Bagi mereka, istilah FTP (File Transfer Protocol) harusnya tidak asing lagi. Tetapi pengguna biasa, belum tentu sedemikian akrab, padahal FTP itu sama tuanya dengan Internet itu sendiri.

Apa itu FTP ?

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Dia adalah sistem untuk mengunduh (download) dan menaruh (upload) file.

Ketika sebuah situs web dikunjungi, koneksi yang digunakan adalah HTTP alias HyperText Transfer Protocol. Proses penampilan halaman ini melibatkan pengunduhan berbagai unsur halaman situs Web, seperti gambar dan teks.

Berbeda dengan HTTP, proses transfer file pada FTP tidak menggunakan tampilan antarmuka yang cantik. Halaman FTP menampilkan daftar file dan folder, teratur dalam struktur seperti pohon, mirip seperti daftar file dan folder di Windows Explorer.

Yang paling sering menggunakan sistem FTP adalah para master Web. Wajar saja, karena mereka perlu cara mentransfer berbagai halaman yang sudah dibangun dari komputer ke server yang menjadi "induk semang" (host).

Pengelolaan sebuah situs Web akan jauh lebih mudah dan cepat kalau menggunakan jalur FTP. Dibandingkan dengan pengelolaan lewat jalur HTTP (pengelolaan via halaman Web), FTP jauh lebih efektif.

Peranti Lunak FTP

Agar dapat memanfaatkan proses transfer dari dan ke server dengan FTP, aplikasi yang khusus menangani hal tersebut diperlukan. Pilihan peranti lunak FTP cukup luas mulai dari yang berbayar sampai yang gratisan. Diantaranya WinSCP, Cute FTP, WS_FTP dan masih banyak yg lain yang bisa anda dapatkan di www.google.com.

Posted by R4ngg4 on Tuesday, May 23, 2006

=============================================================================================================